Berita

SOSIALISASI PRODUSEN DATA UNTUK SATU DATA KABUPATEN

Kebijakan Satu Data Indonesia (SDI) merupakan upaya pemerintah dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas tata kelola data pemerintah. Kebijakan ini bermanfaat untuk pengambilan keputusan dan sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan data bagi masyarakat.

Kebijakan tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden No. 39/2019 tentang Satu Data Indonesia. Melalui penyelenggaraan SDI, pemerintah dapat mengumpulkan data dalam satu pintu yang akurat, mutakhir, terpadu, serta mudah diakses dan dibagi pakaikan antar instansi pusat dan instansi daerah.

Berhubungan dengan hal tersebut Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika kab. HSS menggelar sosialisasi “Produsen Data Untuk Satu Data Kabupaten” yang dilaksanakan pada hari Rabu (28/04) secara virtual.

Kegiatan ini merupakan upaya strategis dalam mewujudkan data yang valid dan terintegrasi, dengan harapan adanya persepsi yang sama dalam mewujudkan satu data yang sama dari berbagai sumber data sehingga tidak ada perbedaan dalam penyajian data antar stakeholder terkait.

Dalam sambutan Kepala Diskominfo HSS yang dibacakan oleh Sekretaris Diskominfo HSS H. Sugeng Arianto, ST menjelaskan bahwa Diskominfo memiliki tugas fungsi menyelenggarakan kegiatan Statistik Sektoral. Jenis statistik ini pemanfaatanya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan instansi pemerintah dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintah dan tugas pembangunan yang merupakan tugas pokok instansi pemerintah yang bersangkutan.

“Kegunaan jenis statistik sektoral ini sebagai bahan perumusan kebijakan, perencanaan pembangunan, dan pertanggung jawaban. Karena itu seluruh OPD selaku Produsen Data diharapkan untuk menyelenggarakan kegiatan statistik terus menerus sesuai ruang lingkup tugas dan fungsinya,” jelasnya.

Untuk meningkatkan data, kualitas, dan akses data statistik sektoral, salah satunya melalui penerapan teknologi informasi yang dapat diakses melalui situs web https://satudata.hulusungaiselatankab.go.id/.

“Dengan aplikasi berbasis web maka akan terbentuk data bank dan informasi yang dapat disajikan dengan baik dan untuk memenuhi kebutuhan instansi tertentu yang merupakan tugas pokok instansi yang bersangkutan,” lanjutnya.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Badan Pusat Statistik Kab. HSS, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemkab. HSS, para kepala Bagian Setda Kab. HSS dan para Camat se-Kab. HSS melalui aplikasi Zoom meeting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *