Tugas Dan Fungsi

Tugas, Fungsi dan Struktur Satuan Kerja Perangkat Daerah

Tugas, fungsi dan Satuan Kerja Perangkat Daerah Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Hulu Sungai Selatan tertuang dalam Peraturan Bupati Hulu Sungai Selatan Nomor 62 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, Serta Tata Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Hulu Sungai Selatan merupakan Organisasi Perangkat Daerah yang tahun 2016 berdiri, yang dulunya merupakan gabungan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika.

Tugas Dan Fungsi

Tugas dan fungsi Dinas Komunikasi dan Informatika sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Bupati Hulu Sungai Selatan Nomor 62 Tahun 2016 mempunyai tugas membantu Bupati melaksanakan Urusan Pemerintahan di bidang pengelolaan dan pelayanan informasi publik, teknologi komunikasi dan informatika, persandian dan statistik serta tugas pembantuan yang diberikan kepada Daerah.

Susunan orgnanisasi Dinas Komunikasi dan Informatika terdiri dari :

Sekretariat

Sekretariat mempunyai tugas melaksanakan koordinasi pelaksanaan tugas, pembinaan, da pemberian dukungan pelayanan administrasi kepada seluruh unit organisasi di lingkungan Dinas Komunikasi dan Informatika serta tugas lain yang diberikan Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud mempunyai fungsi sebagai berikut :

  • Koordinasi penyusunan rencana strategis, program dan anggaran Dinas Komunikasi dan Informatika;
  • Pembinaan dan pemberian dukungan administrasi yang meliputi ketatausahaan, kepegawian, kerumahtanggaan, kerjasama, hukum, hubungan masyarakat, keprotokolan, arsip dan dokumentasi;
  • Pembinaan dan penataan organisasi dan tata laksana;
  • Pelaksanaan koordinasi dan penyusunan peraturan perundang-undangan;
  • Pengelolaan barang milik/kekayaan negara;
  • Koordinasi pelaksanaanprogram laporan kinerja, program dan kegiatan;
  • Koordinasi penyusunan laporan kinerja, program dan kegiatan;
  • Pembinaan dan pemberian dukungan urusan administrasi keuangan, perbendaharaan, akuntansi dan verifikasi; dan
  • Pelaksanaan tugas dan fungsinya

Sekretariat terdiri dari :

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas menyelenggarakan urusan surat menyurat, kearsipan, inventarisasi barang, rumah tangga, perlengkapan, perjalanan dinas, kerjasama, hukum, hubungan masyarakat, keprotokolan, arsip dan dokumentasi serta pengelolaan administrasi kepegawaian dan ketatalaksanaan

Rincian tugas Sub Bagian Umum dan Kepegawaian sebagai berikut :

  • Menyusun rencana kegiatan dan anggaran Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
  • Melaksanakan urusan tata usaha dan kearsipan;
  • Menyiapkan bahan dan menyusun Rencana Kebutuhan Barang Unit (RKBU) dan Rencana Tahunan Barang Unit (RTBU) sesuai usulan masing – masing Bidang ;
  • Menyiapkan bahan dan melaksanakan pengadaan, penyaluran, penghapusan dan pemindahtanganan barang;
  • Melakukan penyiapan bahan penatausahaan dan inventarisasi barang;
  • Melaksanakan pelayanan administrasi perjalanan dinas, pelayanan akomodasi tamu, hubungan masyarakat dan keprotokolan ;
  • Melaksanakanpengelolaan urusan rumah tangga, keamanan dan kebersihan lingkungan kantor;
  • Menyiapkan bahan dan menyusun rencana kebutuhan dan pengembangan pegawai;
  • Menyiapkan bahan dan melaksanakan proses administrasi kepegawaian meliputi kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, pemberhentian, mutasi pensiun dan cuti;
  • Menyiapkan bahan dan melaksanakan pembinaan pegawai meliputi pembinaan disiplin, pengawasan melekat, kesejahteraan, pemberian tanda jasa/penghargaan dan kedudukan hukum pegawai;
  • Menyiapkan bahan, telaahan dan melaksanakan penyusunan peraturan perundang –undangan serta evaluasi kelembagaan dan ketatalaksanaan;
  • Menyiapkan bahan dan mengelola tata usaha kepegawaian meliputi Daftar Urut Kepangkatan, dokumentasi berkas kepegawaian dan rekapitulasi absensi;
  • Menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) pada Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai bidang tugas

Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan

Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan mempunyai tugas menyelenggarakan urusan-urusan penyusunan program, rencana kerja, rencana anggaran dan pelaporan pelaksanaan kegiatan, pengelolaan administrasi keuangan dan pertanggungjawaban keuangan, serta laporan keuangan. Rincian tugas Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan adalah sebagai berikut :

  • Menyusun rencana kegiatan dan anggaran Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan;
  • Menyiapkan bahan dan melaksanakan penyusunan program Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Menyiapkan bahan dan melaksanakan penyusunan anggaran Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Menyiapkan bahan penyusunan satuan biaya, daftar isisan pelaksanaan anggaran, petunjuk operasioal kegiatan, dan perubahan anggaran
  • Melakukan kerjasama dengan unit kerja dan instansi terkait dalam rangka penyusunan rencana kerja, baik rencana kerja tahunan, jangka menengah maupun jangka panjang
  • Menyusun rencana anggaran belanja tidak langsung, anggaran belanja langsung, rencana penerimaan dan pendapatan Dinas Kominfo dan Informatika
  • Melaksanakan koordinasi dan kerjasama penyusunan rencana anggaran belanja dan rencana pendapatan dan penerimaan
  • Menyiapkan bahan dan melaksanakan koordinasi penyusunan rencana evaluasi dan p[elaporan kinerja
  • Melaksanakan pengumpulan, pengolahan, penyajian dan analisa data yang berhubungan dengan Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Menyiapkan bahan dan menyusun konsep laporan kegiatan Dinas, baik laporan rutin maupun laporan insidentil
  • Menyiapkan bahan penyusunan petunjuk teknis dan melaksanakan pengelolaan administrasi keuangan, akutansi dan verifikasi keuangan
  • Melaksanakan urusan perbendaharaan, penelolaan penerimaan negara bukan pajak, penhgujian dan penertiban surat perintah membayar
  • Melaksanakan urusan gaji pegawai
  • Menyiapkan bahan pengesahan dokumen anggaran
  • Menyiapkan bahan dan melaksanakan evaluasi realisasi anggaran
  • Menyiapkan bahan dan menyusun laporan pertanggungjawaban keuangan dan pengelolaan doklumen keuangan
  • Menyiapkan  bahan dan mengusulkan pejabat pengelola perbendaharaan
  • Penyiapan bahan pemantauan tindak lanjut laporan hasil pengawasan dan penyelesaian tuntutan perbendaharaan dan ganti rugi
  • Menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) pada Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan; dan
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai bidang tugas

Bidang Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik

Bidang Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik mempunyai tugas merumuskan kebijakan teknis, melaksanakan pembinaan, pengawasan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan di bidang pengelolaan opini dan aspirasi publik, pengelolaaninformasi untuk mendukung kebijakan nasional dan pemerintah daerah, penyediaan konten lintas sektoral dan pengelolaan media komunikasi publik, pelayanan informasi publik, layanan hubungan media, penguatan kapasitas sumber daya komunikasi publik dan penyediaan akses informasi.

Untuk melaksanakan tugas Bidang Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publikmempunyai fungsi sebagai berikut :

Bidang Persandian dan Statistik

Bidang Teknologi Komunikasi dan Informatika